PRAKTEK KERJA INDUSTRI
DISUSUN OLEH:
NAMA : Diki
KELAS : XI TKR
NISN : 00087978765
JURUSAN : Teknik Kendaraan Ringan
GURU PEMBIMBING :
SMK MUHAMMADIYAH
PRAKERIN (PRAKTEK KERJA INDUSTRI)
PADA PERUSAHAAN/INSTANSI
BENGKEL PT.THAMRIN BROTHERS
LEMBAR PENGESAHAAN
LAPORAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI
Sesudah diadakan peninjauan dan melalui tahap perbaikan, maka laporan hasil kegiatan Kraktek Kerja Industri (PRAKERIN) ini sudah disetujui dan disahkan oleh pihak sekolah pada :
Hari : Sapbu
Tanggal : 20 Mei 2017
Pangkalan Balai, 20 Mei 2017
Menyetujui, | |
Guru Pembimbing | Ketua Jurusan |
Sunaryo, S.Pd | Sunaryo, S.Pd |
Mengetahui,
Kepala Sekolah Menengah kejuruan Muhammadiyah
LEMBAR PENGESAHAAN
LAPORAN Praktek Kerja Industri
PT.THAMRIN BROTHERS
Sesudah diadakan peninjauan dan melalui tahap perbaikan, maka laporan hasil kegiatan Kraktek Kerja Industri (PRAKERIN) ini sudah disetujui dan disahkan oleh pihak sekolah pada :
Hari : Sabtu
Hari : Sabtu
Tanggal : 20 Mei 2017
Pangkalan Balai, 20 Mei 2017
Menyetujui,
Pembimbing Perusahaan / Kepala Mekanik,
Hardiyanto
Mengetahui,
Pimpinan Perusahaan/Instansi
PT.Thamrin Brothers
Pimpinan Perusahaan/Instansi
PT.Thamrin Brothers
Luky Noviansyah.PY
Puji syukur allhamdullillah, penuis panjatkan kehadirat Allah, SWT, yang sudah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya, sehingga pada ahirnya penuis sanggup menuntaskan laporan prakerin ini dengan baik dan bener, Dimana prakerin ini penulis sajikan dalam bentuk buku yang sederhana. Adapun judul penulisan prakerin, yang penulis ambil yaitu sebegai diberikut:
MELAKUKAN OVERHOULE SEPEDA MOTOR
PADA PT THAMRIN BROTHRS
· Tujuan penulisa laporan ini di buat sebagai salah satu syarat mengikuti Ujian Nasiaolan 2016/2017. Sebagai materi penulisan menurut hasil praktek kerja indutri dan banyak sekali sumber literatur yang mendukung penulisan ini. Penulis menyadari bahwa tanpa bimbingan dan dorongan dari tiruana pihak, maka penulisan laporan hasil praktek ini akan lancer. Oleh alasannya yaitu itu peluang ini, izinkanlah penulis memberikan ucapan terimakasih kepada :
Bapak Sunaryo. selaku pembimbing uatama prakerin
· Joni Iskandar selaku pembimbing di PT THAMRIN BROTHERS
· Staf / karyawan / guru di lingkungan Sekolah Menengah kejuruan MUHAMMADIYAH
· Luky Noviansyah.PY.selaku pimpinan PT THAMRIN BROTHERS
· Hardiyanto selaku kepala mekanik di PT THAMRIN BROTHERS
· Staf / karyawan di lingkungan prakerin
· Orang tua tercinta yang senantiasa memdiberi pertolongan moral maupun spiritual
· Rekan-rekan siswa kelas XI Teknik Sepeda Motor
Serta tiruana pihak yang terlalu banyak untuk di sebut satu persatu sehingga terwujudnya penulisan ini. Penulis menyadari bahwa penulisan kiprah ahir prakerin ini masih jauh dari kesempurnaan, untuk itu penulis mohon Koreksi dan masukan yang bersifat membangun demi kesempurnaan penulis di masa yang akan hadir.
Ahir kata semoga laporan ini sanggup berkhasiat bagi penulis khususnya dan bagi para pembaca yang berminat pada umumnya.
Pangkalan Balai, 20 Mei 2017
Penulis
Diki Kurniawan
UCAPAN TERIMAKASIH
Syukur alahamdulillah Senantiasa penulis panjatkan kehadirat Allah SWT. Yang mempunyai keistimewaan dan pemdiberian segala kenikmatanbesar. Baik Nikmat iman,kesehatan dan kekuatan dalam penyusunan Laporan ini. Salawat teriringkan salam senantiasa tercurahkan kepada Sayyidina Muhammad SAW.Keluarganya dan para teman dekatnya hingga Kelak akhrir zaman.
Pada sempatan ini penulis memberikan rasa terimakasih yang sebesar besarnya dan penghargaan yang setinggi-tingnginya Kepada Bapak Sunaryo Selaku guru pembimbing di selasela Rutinitasnya namun tetap meluangkan waktunya untuk mempersembahkan petunjuk,dorongan,masukan dan instruksi Sejak planning penelitian hingga selesai nya penulisan laporan ini ..
Terimakasih Ini juga senantiasa Saya sampaikan kepada Kedua Orang Tua yang sudah mempersembahkan suport dan selalu memmenolong aku.
Dan tiruana mitra kawan yang sudah memmenolong dan mempersembahkan semangat kepada saya
MOTO HIDUP
‘’’ Kenikmatan terbaik di dalam hidup
adalah melaksanakan apa yang orang katakan engkau tidak bisa lakukan.
””
‘’’Selama Masih Ada Tekad Yang Kuat Yang Terkandung Di Dalam Semangat ,
Maka Tiada Kata Terlambat,
Untuk Memulai Suatu Awal Yang Baru ‘’
DAFTAR ISI
Halaman Judul……………………………….………………………..…i
Lembar pengesahan Sekolah.........................…………………................ii
Lembar Pengessahan bengkel..................................................................iii
Kata Pengantar……………………………………………………….....iii
Ucapan Terimakasih……………………………………………………iv
Moto Hidup……………………………………………………..............v
Daftar isi..................................................................................................vi
BAB 1 . PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Prakerin……………………………………….….....1
1.1 Latar Belakang Prakerin……………………………………….….....1
1.2 Tujuan Kerja Industri(PRAKERIN)…………………………….…..2
1.3 Waktu Pelaksanaan Praktek Keja Industri (PRAKERIN)……......…3
BAB 2 URAIAN UMUM
2.2 SEJARAH PERUSAHAAN …………………………………....……4
2.3 KEGIATAN PERSUHAAN / INSTANSI………………………..….5
2.4 STUKTUR ORGANISASI PERUSAHAAN …………………….....6
2.5 IDENTITAS SISWA
BAB 3 PEMBAHASAN
3.1kegiatan pada jurnal di buku selama Prakerin………………….......7
3.2 Absen Harian.....................................................................................8
3.3 TUNE UP..........................................................................................9
BAB 4 PENUTUP
4.1 Kesimpulan Prakerin……………………………………………....10
4.2 masukan masukan……………………………………………………….....11
4.3 Kendala- Kendala Selama Prakerin…………………………..........12
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Pendidikan Sistem Ganda (PSG)
Praktek Kerja Industri Merupakan salah satu bentuk penyelengaraan pendidikan dan penelitian bagi siswa, yang memadukan antara pendidikan di sekolah dan pendidikan di dunia Industi/ instansi yang dipelroleh dengan melaksanakan Praktek kerja secara eksklusif dan terarah untuk menambah keahlian tertentu. Tujuan Utama Pendidikan Kejuruan yaitu mempersiapkan lulusan untuk bekerja secara berdikari .
Setiap siswa Sekolah Menengah kejuruan dituntut untuk mempunyai suatu keahlian dan siap kerja,oleh alasannya yaitu itu diadakan suatu acara Pendidikan Sistem Ganda (PSG) biar setiap siswa lulusan Sekolah Menengah kejuruan mempunyai suatu pengalaman dalam dunia Usaha, sebelum memasuki dunia perjuangan tersebut secara konkret setelah lulus sekolah.
1.2 MAKSUD DAN TUJUAN PENDIDIKAN SISTEM GANDA (PSG)
1.2.1. Maksud
Sistem ganda Adalah suatu bentuk penyelengaraan Pendidikan Keahlian Kejuruan,yang memadukan secara sistematik dan Sis=nkron acara pendidikan di sekolah dan acara penguasaan keahlian yang di peroleh melalui kegiatan bekerja eksklusif dalam bidang pekerjaan yang relavan,terarah dan mencapai kemampuan keahlian tertentu .
Dalam pengertian tersebuttersirat,bahwa ada dua pihak yaitu forum pendidikan dan lapangan kerja ( Industri /perusahaan Instansi tertentu) yang secara bersama sama menyelengarakan suatu acara keahlian kejuruan.dengan demikian kedua belah pihak seharusnya terlibat dan bertanggung tanggapan memulai tahap perencanaan program, terhadap penyelenggaraan, hingga pada tahap evaluasi dan penentuan kelulusan penerima diklat, serta pemamasukannya.
1.2.2. TUJUAN
Penyelengaraan pendidikan dengan Sisten Ganda pada Sekolah Menengah kejuruan bertujuan untuk:
Ø Agar siswa bisa memahami, memantapkan dan mengembangjan pelajaran yang di dapatkan di sekolah diterapkan pada Dunia Usaha.
Ø Memantapkan, meningkatkan dan memperluas keterampilan yang dimiliki oleh siswa dunia kerja
Ø Sebagai masukana komuniakasi antara siswa Sekolah Menengah kejuruan dengan Instansi atau kantor daerah pelaksanaan praktek kerja
Ø Member peluang kepada siswa Sekolah Menengah kejuruan untuk mengikuti keadaan dengan suasana atau iklim lingkungan kerja yang tolong-menolong naik sebagai pekerjaan berdikari terutama yang berkenan dengan siplin kerja.
1.3. tujuan Pembuatan Laporan
Pembuatan lapotan yang meru[akan karya tulis yaitu kewajiban bagi setiap siswa/siswi Sekolah Menengah kejuruan MUHAMMADIYAH Pangkalan Balai yang sudah Menyelesaikan Pendidikan Sistem Ganda. Pembuatan laporan ini bertujuan untuk :
v Siswa/siwi bisa memahami,memantapkan dan membuatkan pelajaran yang didapat di sekolah dan penerapannya di dunia usaha.
v Siwa/siwi bisa mencari alternative pemecahan problem kejuruan secara lebih luas dan mendalam yang terungkap dari buku laporan yang di buatnya.
v Siswa/siswi memahami cara pembuatan suatu Laporan Praktek Kerja Lapangan
v Agar siswa sanggup mencurahklan dan menuangkan pikiran serta segenap kemampuan kedalam tulisan.
v Mgumpulkan data guna kepintingan sekolah dan kepintianya sendiri
v Menambahkan perbendaharaan perpustakaan sekolah dan sanggup menunjangpengetahuan bagi siswa angkatan diberikutnya.
v Sebagaio bukti konkret penulis sudah melaksanakan Pendidikan Sistem Ganda.
1.4. waktu dan daerah Pelaksanaan
penulis melaksanakan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) selama Kurang lebih 3bulan, yang tertulis dari tanggal 02 januari 2017 s/d 03 April 2017. Adapun daerah pelaksanaan yang penulis pilih yaitu di perusahaan/ Instansi PT.THAMRIN BROTHERS yang beralamat di JLN.PALEMBANG BETUNG
Penulis melaksanakan pendidikan Sistem Ganda (PSG)di perusahaan /Instansi PT.THAMRIN BROTHER selama 3 bulan penulis melaksanakan PSG Pada :
Senin-sabtu masuk pukul 07:00 WIB s/d 17:00 WIB.
Minggu Libur
BAB II
2.1 Sejarah Singkat Lahirnya Bengkel PT THAMRIN BROTHERS
PT.THAMRIN BROTHER berdiri pada tanggal 12 Maret 2007 di karenakan kurangngnya bengkel yang ada di JLN.Palembang Betu Dan Masih berdiri hingga sekarang.
1. Penjualan Spre Part motor
2. Pemeliharaan
3. Service
2.3 Struktur Organisasi
BAB III
PEMBAHASAN
3.1 Laporan Kegiatan Siswa Secara Berkala
3.2 Pembahasan Pelaksanaan Kegiatan Prakerin
Tune-Up
Overhoul Matic
BAB IV
PENUTUP
4.1. Kesimpulan Prakerin
Sesudah kami pelajari acara yang kami lakukan selama melaksanaka Prakerin,yang kami laksanakan di Bengkel,maka sanggup kami simpulkan bahwa:
dengan diadakanya Prakerin, kami sanggup mengenal lebih dalam tentang ilmu pengetahuan dalam dunia Usaha
Prakerin bisa membuat siswa lebih memahami arti kedisiplinan dantanggung jawaban
melaluiataubersamaini Prakerin ini kami sanggup meningkatkan kemampuan dalam diri kita.
melaluiataubersamaini diadakanya Prakerin kami bisa lebih memahami bagaimana situasi dalam Dunia Usaha dan Dunia Sekolah
melaluiataubersamaini Prakerin ini kami sanggup mengetahui hasil kemampuan Prakerin selama di Dunia Usaha
melaluiataubersamaini diberinteraksi dengan orang-orang yang mempunyai jabatan yang cukup tinggi di Intansi tersebut dan itu mrupakan suatu pujian tersendiri buat kami ..
Merupakan pengalaman yang tidak akan terlupakan.
PENUTUP
4.1. Kesimpulan Prakerin
Sesudah kami pelajari acara yang kami lakukan selama melaksanaka Prakerin,yang kami laksanakan di Bengkel,maka sanggup kami simpulkan bahwa:
dengan diadakanya Prakerin, kami sanggup mengenal lebih dalam tentang ilmu pengetahuan dalam dunia Usaha
Prakerin bisa membuat siswa lebih memahami arti kedisiplinan dantanggung jawaban
melaluiataubersamaini Prakerin ini kami sanggup meningkatkan kemampuan dalam diri kita.
melaluiataubersamaini diadakanya Prakerin kami bisa lebih memahami bagaimana situasi dalam Dunia Usaha dan Dunia Sekolah
melaluiataubersamaini Prakerin ini kami sanggup mengetahui hasil kemampuan Prakerin selama di Dunia Usaha
melaluiataubersamaini diberinteraksi dengan orang-orang yang mempunyai jabatan yang cukup tinggi di Intansi tersebut dan itu mrupakan suatu pujian tersendiri buat kami ..
Merupakan pengalaman yang tidak akan terlupakan.
4..2. Saran-masukan
Adapun masukan-masukan untuk sekolah yang kami simpulkan antara lain :
Agar memdiberikian bekal ilmu yang lebih luas bagi siswa/atau pada dikala melaksanakan Prakerin.
Lebih mengawasi perkembangan siswa/i dikala melaksanakan kegiatan Prakerin
Menetapkan siswa/siswi di Perusahaan yang mengangkut bidang keahlianya masing- masing
melaluiataubersamaini masukan yang kami sampaikan untuk sekolah,kami harap sanggup memaklumi dan semoga bermanfaa bagi kelancaran dan memajukan ssekolah Sekolah Menengah kejuruan MUHAMMADIYAH Pangkalan balai
4.2.2. masukan masukan bagi perusahaan :
Berdasarkan pengalaman yang kami lakukan selama mengikuti kegiatan Prakerin di Bengkel Motor kami sanggup simpulkan antara lain:
1) Meningkatkan kolaborasi dalam melaksanakan kiprah antara bab yang satu dengan lain.
2) Dapat memakai waktu dengan sebaik mungkin dengan mengerjakan tugasyang sudah menjadi tanggung tanggapan masing-masing.
3) Semoga sanggup mempertahankan prestasi yang sudah tercapai.
4.3. Kendala-kendala selama Praktek Kerja Industri (Prakerin)
a. Ketika pertama kali didiberi tugas, kami mendapat kesusahan.
b. Jarak tempuh dari rumah hingga daerah Prakerin cukup jauh.
c. Sering mengalami kemacetan dikala berangkat ke daerah Prakerin.
d. Pengeluaran biaya Tranfortasi bertambah.
Untuk soal teori kejuruan lainnya anda bisa unduh dan baca:
Kisi-kisi Soal Ujian Teori Kejuruan Sekolah Menengah kejuruan Lengkap Semua Jurusan Tahun 2019
Anda juga bisa baca " Prediksi Soal UN Bahasa Ingris Sekolah Menengah kejuruan 2019 Lengkap Beserta Pembahasan "
Untuk Prediksi Soal UNBK 2019 Paling Lengkap Sudah Update, Anda Bisa Lihat di :Latihan Soal UN Teori Kejuruan Teknik Sepeda Motor Beserta Jawabannya
Mari Bersama-sama Dukung Channel Kami
Anda Juga Bisa Download melaluiataubersamaini Lengkap misal Laporan Prakerin di :