-->
Contoh Soal Transmisi

1. Letak dari pesawat kopling berada …
    a. Tepat ditengah transmisi
    b. Diantara engine dan transmisi
    c. Diantara transmisi dan poros penggerak
    d. Berada di poros deffrensial
    e. Berada di tengah engine
2. Yang bukan Syarat- syarat yang harus dipenuhi pesawat kopling yaitu …
    a. Dapat menghubungkan putaran dengan lembut
    b. Dapat memindahkan tenaga motor ke transmisi dengan slip
    c. Dapat memutuskan kekerabatan dengan tepat dan cepat.
    d. Mempunyai daya tahan gesek yang tinggi
    e. Tahan gerah dan kuat
3. Bagian kopling yang dibentuk menyatu dengan roda absurd yaitu …
    a. Clucth coil
    b. Release spring
    c. Clucth disc
    d. Release silinder
    e. Clucth cover
4. Arti dari Clutch Assembly yaitu ….
    a. Kopling dalam satu set
    b. Komponen – komponen kopling
    c. Komponen kopling yang harus diganti dikala pembongkaran
    d. Kopling dengan sumber tenaga dari mesin
    e. Pesawat untuk memutus dan menghubungkan putran mesin

5. Komponen yang berfungsi untuk menekan/menjepit kampas kopling sampai terjadi
    perpindahan tenaga dari mesin ke poros transmisi yaitu …
    a. Pressure plate
    b. Driven plate atau friction disc
    c. Clutch release atau throwout bearing
    d. Throwout lever/clutch fork
    e. Pressure spring
   




6. Komponen kopling berfungsi untuk mempersembahkan tekanan yang bersamaan pada pressure plate
    lever dan menghindarkan terjadinya ukiran antara pengungkit dengan pressure plate lever
    adalah …
    a. Pressure plate (plat penekan)
    b. Driven plate atau friction disc
    c. Clutch release atau release bearing
    d. Throwout lever/clutch fork
    e. Pressure spring
7. Komponen kopling yang berfungsi untuk menyalurkan tenaga pembebas kopling...
    a. Pressure plate (plat penekan)
    b. Driven plate atau friction disc
    c. Clutch release atau release bearing
    d. Throwout lever/clutch fork
    e. Pressure spring
8. Yang bukan ialah komponen pengoperasian kopling mekanik yaitu …
    a. Pedal kopling
    b. Kabel kopling
    c. Silinder kopling
    d. Batang ulir ujung kabel kopling
    e. Pegas pengendali pedal kopling
9. Pada pengoperasian kopling mekanik komponen yang berfungsi untuk memindahkan gerakan
    tenaga injakan kaki pengemudi pada pedal kopling ke tuas pembebas kopling yaitu …
    a. Silinder kopling
    b. Pedal kopling
    c. Kabel kopling
    d. Batang ulir ujung kabel kopling
    e. Pegas pengendali pedal kopling
10. Pada pengoperasian kopling mekanik komponen yang berfungsi untuk mengembalikan posisi
      pedal kopling setelah dipergunakan untuk mengoperasikan kopling yaitu …
      a. Silinder kopling
      b. Pedal kopling
      c. Kabel kopling
      d. Boster kopling
      e. Pegas pedal kopling

11. Komponen kopling hidrolis , yang berfungsi untuk merubah gerak mekanis dari pedal
      kopling menjadi tekanan minyak hidrolis yaitu …
      a. Master silinder d. Boster kopling
      b. Pipa hidrolis e. Pegas pengendali kopling
      c. Silinder hiodrolis
      d. Boster kopling
      e. Pegas pengendali kopling

12. Yang dimaksud dengan friction cluch yaitu …..
      a. Kopling jenis bergigi dalam proses pemindahan tenaganya
      b. Kopling jenis gesek dalam proses pemindahan tenagannya
      c. Pienteng yang digerakan bekerjasama sistem pemindah tenaga yang lainnya
      d. Roda penyimpan gaya kelembaman putaran mesin
      e. Unit kopling bersama kelengkapannya.
13. Alat yang dipakai untuk mengukur kedalaman paku keling pada kampas kopling yaitu ...
      a. Dial gauge d. Magnetic dial
      b. Vernier caliper e. Pivot gauge
      c. Mikrometer
      d. Magnetic dial
      e. Pivot gauge

14. Lapisan plat kopling disebut dengan kanvas kopling terbuat dari paduan materi asbes dan
      logam. Paduan ini dibentuk dengan tujuan semoga plat kopling sanggup memenuhi persyaratan ...
      a. Dapat menahan beban akhir putaran fly wheel yang berasal dari mesin
      b. Bahan tersebut tahan terhadap beban arah aksial dan arah radial
      c. Tahan terhadap tekanan pegas kopling
      d. Tenaga dikala pengoperasian kopling menjadi lebih enteng
      e. Tahan terhadap gerah, ukiran dan sanggup mencengkeram dengan baik.
15. Pada belahan plat kopling terdapat torsion damper/torsion rubber yang berfungsi sebagai...
      a. Menambah tenaga putaran mesin
      b. Mempercepat perpindahan putaran dan tenaga dari mesin ke transmisi
      c. Meredam kejutan dikala kopling mulai bekerjasama dalam arah aksial
      d. Sebagai bidang gesek
      e. Sebagai penekan pegas kopling sehingga memperlembut dikala kopling berhubungan.
16. Fungsi dari release bearing atau throwout bearing pada prosedur kopling yaitu …
      a. menyalurkan tenaga pembebas kopling
      b. untuk menjepit atau menekan kampas kopling sampai terjadi perpindahan tenaga
      c. Memdiberikan tekanan yang bersamaan pada pressure plate lever
      d. Untuk mendapat sentuhan yang halus dikala plat kopling mulai terjepit
      e. meredam kejutan dikala kopling mulai bekerjasama dalam arah aksial

17. Salah satu investigasi pada pegas diafragma dengan cara pengukuran kedalaman dan lebar
      keausan bekas ukiran release bearing. Kedalaman terbaik keausan pada pegas diafragma
      adalah ….
      a. 0,5 mm
      b. 0,6 mm
      c. 0,7 mm
      d. 0,8 mm
      e. 1 mm

18. Pemeriksaan dan pengukuran kedalaman paku keling dengan jangka sorong batas kedalaman
      paku keling yaitu …
      a. 0,6 mm
      b. 0,5 mm
      c. 0,4 mm
      d. 0,3 mm
      e. 0,2 mm

19. Pemeriksaan dan penyetelan pedal kopling perlu dilakukan. Ukuran tinggi pedal kopling dari
      lantai yaitu ...
      a. 156 – 166 mm
      b. 157 – 167 mm
      c. 160 – 176 mm
      d. 161 – 177 mm
      e. 180 – 199 mm
20. Yang bukan ialah komponen pengoperasian kopling sistem mekanik yaitu ….
      a. Pedal kopling
      b. Kabel kopling
      c. Minyak kopling
      d. Pegas pengendali
      e. Batang ulir ujung kabel
21. Komponen yang berfungsi mengubah gerakan mekanis dari pedal kopling menjadi tekanan
      minyak hidrolis yaitu ….
      a. Pipa hidrolis
      b. Silinder kopling
      c. Master silinder kopling
      d. Boster kopling
      e. Pedal kopling
22. Yang ialah penyebab dari kopling slip yaitu ….
      a. Dudukan mesin atau transmisi rusak
      b. Keausan pada sambungan pengoperasian kopling
      c. Kabel kopling memanjang
      d. Pilot bearing rusak
      e. Gerakan bebas kopling berlebihan
23. Penyebab gerakan kendaraan yang mengejutkan pada sistem kopling sebab ….
      a. Dudukan mesin atau transmisi rusak
      b. Permukaan disc bergelombang
      c. Kabel kopling berkarat
      d. Pilot bearing rusak
      e. Gerakan bebas kopling terlalu kecil


24. Dibawah ini yang ialah akhir kebebasan pedal kopling yang terlalu berlebihan
      adalah ….
      a. Kopling slip, bunyi mencakupk yang tak lazim, tidak ada gerakan pada kopling.
      b. Kopling bergetar, bunyi mencakupk yang tidak lazim
      c. Kopling slip, kopling bergetar, tidak ada gerakan pada kopling
      d. Gerakan kendaraan yang mengejutkan, tidak ada gerakan kopling, kopling bergetar
      e. Suara mencakupk yang tidak lazim, kopling bergetar, gerakan kendaraan yang mengejutkan
25. Bagian transmisi yang dipakai untuk menghubungkan antara roda gigi disebut...
      a. Syncromish
      b. Clucth
      c. Key Syncromish
      d. Garpu pemindah
      e. Tuas pemindah
26. Bagian yang dipakai untuk pembagi tetep pada perbandingan putaran roda gigi adalah...
      a. Roda gigi transmisi 1
      b. Roda gigi transmisi 2
      c. Roda gigi transmisi 3
      d. Roda gigi transmisi 4
      e. Roda gigi transmisi R
27. Apakah yang dimaksud dengan garpu pemindah...
      a. Bagian penghubung roda gigi
      b. Bagian penahan roda gigi
      c. Bagian penarik syncronish
      d. Bagian pembagi roda transmisi
      e. Tuas penghubung
28. Bagian transmisi yang bekerjasama dengan poros propeler adalah...
      a. Input shaft
      b. Output shaft
      c. Clutch hub
      d. Bearing
      e. Counter
29. Komponen yang berfungsi sebagai meredam hentakan/puntiran dikala kopling mulai
      menghubungkan/meneruskan putaran dan pada dikala akselerasi maupun deselerasi...
      a. Clutch Hub
      b. Disc Plate
      c. Torsion Damper
      d. Tacing
      e. Rivet/ Paku keling



30. Pemeriksaan run-out plat kopling dengan roller instrumen dan dil indikator batas terbaik
      adalah...
      a. 0,6 mm
      b. 0,7 mm
      c. 0,8 mm
      d. 0,9 mm
      e. 1 mm

31. Yang bukan langkah cara penyetelan kopling secara mekanik adalah....
      a. ukur ketebalan pedal kopling yang ada
      b. membandingkan dengan ukuran spesifikasi kendaraan tersebut
      c. kendorkan mur pengunci pada ujung kabel
      d. kendorkan mur penyetel kalau jarak kebebasan lebih kecil
      e. kendorkan baut bleeder
32. Roda gigi transmisi (transmition gear) berfungsi sebagai....
      a. Memutarkan gigi didalam gear box
      b. Mengubah output gaya-gaya torsi yang meninggalkan transmisi
      c. Untuk memindah gigi atau sinkroniser pada porosnya sehingga memungkinkan gigi untuk
          dipasang atau dipindah
      d. Sebagai dudukan bearing transmisi dan poros-poros serta sebagai wadah oli/pelumas
          transmisi
      e. Mengurangi ukiran antara permukaan benda yang berputar didalam sistem transmisi

ESSAY
1. Sebutkan beberapa tanda-tanda kopling yang mengalami kerusakan dan jelaskan penyebabnya!
2. Sebutkan laba dan kerugian kopling dengan memakai pegas diafragma!
3. Apakah fungsi Transmisi pada kendaraan bermotor? Dan apa dampaknya kalau kendaraan tanpa
    transmisi?
4. Jelaskan komponen transmisi di bawah ini !
a. Transmission input shaft
b. Transmission gear
c. Synchroniser
d. Output shaft
e. Bearing
5. Jelaskan prinsip kerja kopling pada dikala terjadi pemindahan gigi transmisi !

LihatTutupKomentar