SOAL LATIHAN DAN PEMBAHASAN US UN UNBK Sekolah Menengah kejuruan 2019
Kepolisian India mengatakan sudah mengajukan somasi aturan terhadap Miss Universe Olivia Culpo lantaran melaksanakan sesi pemotretan sepatu hak tinggi di Taj Mahal. Olivia Culpo dalam peluang itu mengenakan sepasang sepatu hak tinggi ketika mengunjungi Taj Mahal dalam kunjungan 10 hari di India. Pengurus Taj Mahal menilai cara berpakaian Olivia sebagai sebuah penghinaan terhadap Taj Mahal. (Sumber: KOMPAS.com) |
1. Makna istilah somasi pada penggalan paragraf di atas yaitu ....
A. tuntutan
B. tuntunan
C. ancaman
D. hukuman
E. sanksi
KJ: A. tuntutan
2. Jenis teks tersebut yaitu ....
A. prosedur
B. eksplanasi
C. biografi
D. narasi
E. argumentasi
KJ: D. narasi
Bacalah wacana diberikut dengan saksama untuk menjawaban soal nomor 3 dan 4.
(1) Kala animo hujan mirip sekarang, badan cenderung lebih rentan terhadap ancaman penyakit. (2) Beruntung, insan mempunyai sistem imun atau daya tahan sebagai tirai pertahanan pertama yang akan melawan mikroorganisme penyebab penyakit. (3) Kondisi daya tahan setiap orang tentu tidak sama. (4) Apalagi, dengan lonjakan jumlah mikroorganisme di animo hujan mirip ketika ini, sistem imun yang biasa bisa melawannya bisa saja menjadi kewalahan. (5) Akibat sistem imun tak berhasil melawan mikroorganisme, badan pun bisa jatuh sakit. (Sumber: KOMPAS.com) |
3. Gagasan pokok paragraf tersebut yaitu ...
A. Jumlah mikroorganisme di animo hujan.
B. Kerentanan badan terhadap ancaman penyakit di animo hujan.
C. Sistem imun yang kewalahan di animo hujan.
D. Kemampuan sistem imun melawan mikroorganisme.
E. Sistem imun yang dimiliki manusia.
KJ: B. Kerentanan badan terhadap ancaman penyakit di animo hujan.
4. Maksud –nya pada kata melawannya dalam kalimat keempat ditujukan untuk ....
A. musim hujan
B. mikroorganisme
C. sistem imun
D. lonjakan
E. saat ini
KJ: B. mikroorganisme
Perhatikan wacana diberikut dengan saksama untuk menjawaban soal nomor 5 dan 6.
(1) Ikan terdiri atas ikan air tawar dan ikan laut. (2) Keduanya yaitu makanan sumber protein yang sangat penting untuk pertumbuhan tubuh. (3) Ikan mengandung 18 % protein terdiri atas asam-asam amino esensial yang tidak rusak pada waktu pemasakan. (4) Kandungan lemaknya 1 – 20% lemak yang mudah dicerna serta eksklusif sanggup dipakai oleh jaenteng tubuh. (5) Kandungan lemaknya sebagian besar yaitu asam lemak tak jenuh yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan sanggup menurunkan kolesterol darah. (Sumber: Situs resmi pemerintah kota Magelang) |
5. Simpulan paragraf tersebut yaitu ...
A. Ikan mengandung 18% protein dan asam amino yang esensial dan tidak rusak pada waktu pemasakan.
B. Ikan terbagi atas ikan air laut, dan ikan air tawar yang sangat oenting untuk oertumbuhan badan manusia.
C. Ikan mengandung 1 – 20% lemak yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan sanggup menurunkan kolesterol darah.
D. Ikan mengandung sumber protein yang sangat penting bagi pertumbuhan badan dan asam lemak yang dibutuhkan untuk menurunkan kolesterol darah.
E. Protein dan lemak yang terdapat pada ikan mengandung asam yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan tubuh.
KJ: D. Ikan mengandung sumber protein yang sangat penting bagi pertumbuhan badan dan asam lemak yang dibutuhkan untuk menurunkan kolesterol darah.
6. Inti kalimat nomor (2) pada wacana di atas yaitu ...
A. Ikan mengandung 18% protein.
B. Ikan mengandung asam-asam amino esensial.
C. Ikan tidak rusak pada waktu pemasakan.
D. Protein terdiri atas asam-asam amino esensial.
E. Asam-asam amino esensial tidak rusak pada waktu pemasakan.
KJ: A. Ikan mengandung 18% protein.
7. Bacalah paragraf diberikut.
Sejak wacana pengembangan kurikulum 2013 digulirkan, muncul tanggapan pro dan kontra dari banyak sekali kalangan pakar dan praktisi pendidikan serta masyarakat lainnya. Semakin banyak Koreksi dan masukan terhadap kurikulum 2013 ini dibutuhkan lebih mematangkan kurikulum yang sedang dikembangkan. (Sumber: Kompasiana) |
Tanggapan logis terhadap paragraf di atas yaitu ...
A. Wacana pro dan kontra menawarkan bahwa tidak tiruana pemangku kepentingan dilibatkan dalam penyusunan kurikulum 2013.
B. Kurikulum 2013 tolong-menolong spesialuntuklah perubahan dari kurikulum sebelumnya, yakni kurikulum tingkat satuan pendidikan.
C. Perubahan fundamental kurikulum 2013 dari kurikulum sebelumnya yaitu wacana standar isi, standar proses, standar penilaian, dan standar kompetensi lulusan.
D. Kurikulum 2013 secara komperhensif mengajarkan wacana sikap, pengetahuan, dan keterampilan dibandingkan kurikulum sebelumnya yang spesialuntuk mengajarkan pengetahuan.
E. Wacana pro dan kontra menawarkan bahwa para pemangku kepentingan mempunyai kepedulian akan pentingnya pembangunan sistem pendidikan di negeri ini.
KJ: E. Wacana pro dan kontra menawarkan bahwa para pemangku kepentingan mempunyai kepedulian akan pentingnya pembangunan sistem pendidikan di negeri ini.
8. Bacalah paragraf diberikut dengan cermat.
(1) Apabila kita amati lebih cermat dan kita baca banyak sekali informasi di internet dan literatur yang ada wacana bagaimana pendidikan yang patut bagi anak usia dini, kita akan terkejut. (2) Saat ini, hampir sebagian besar penyelenggaraan pendidikan belum dewasa usia dini melaksanakan kesalahan dalam mempersembahkan pembelajaran. (2) Ada beberapa indikator untuk melihat banyak sekali ketidakpatutan terhadap anak. (3) Di antaranya yang paling menonjol yaitu orientasi pada kemampuan intelektual secara dini. (4) Mereka dicoba untuk menjalani akselerasi dalam pendidikannya dengan memperoleh pengayaan kecakapan-kecakapan akademik di dalam dan di luar sekolah. (5) Akibatnya, bermunculanlah belum dewasa ajaib dengan kepintaran intelektual luar biasa secara akselerasi, tetapi pendidikan mirip itu tetap dikatakan suatu kesalahan pendidikan. (Sumber: http://www.logos.sch.id/artikel/anak-anak-karbitan/) |
Simpulan paragraf di atas terdapat pada kalimat dengan nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
KJ: B. (2)
9. Bacalah paragraf diberikut dengan saksama.
(1) Soda dengan rasanya yang manis dan segar di tenggorokan menjadi minuman kesukaan untuk tiruana kalangan usia. (2) Namun akungnya mengonsumsi soda terlalu banyak justru bisa merusak badan dan membuat Anda gemuk. (3) Jika Anda sedang diet dan berpikiran soda diet lebih baik daripada soda biasa, pikir lagi. (4) Tidak jauh tidak sama dengan soda biasa, soda diet juga mengandung pemanis buatan yang bisa memicu kanker kalau dikonsumsi berlebihan. (5) Sebuah penelitian dari Pusat Penelitian Osteoporosis Universitas Creighton pada tahun 2001 sebut, mereka yang minum soda mempunyai tulang yang lebih lemah. (Sumber: detik.com) |
Kalimat yang menyatakan hubungan perbandingan pada paragraf di atas ditandai dengan nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
KJ: C. (3)
10. Tanda baca yang tepat dipakai setelah konjungsi namun akungnya pada kalimat nomor (2) yaitu ....
A. titik (.)
B. koma (,)
C. titik koma (;)
D. titik dua (:)
E. hubung (-)
KJ: B. koma
11. Perhatikan penggalan cerpen diberikut!
(1) Kami bergegas mengangkat jenazah itu lagi. (2) Aroma anyir campur hangus mencekik. (3) Lidahku mendadak pahit. (4) Perutku kolam diaduk puting beliung. (5) Darmaji yang memmenolong mengangkat, memuntahkan kembali isi lambung. (“Ditolak Bumi” karya Ken Hanggara) |
Kalimat yang menggunakan majas personifikasi ditandai dengan nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
KJ: A. (1)
12. Bacalah pengalan cerpen diberikut!
(1) Ia sangat bebal. (2) Kejahatannya pun sudah keterlaluan. (3) Setiap hari ia melakukannya, setiap hari pula saya mesti mengeluarkan uang untuk menganti rugi perbuatannya. (4) Aku melakukannya sambil menahan rasa aib dari gunjingan tetangga. (5) Aku menjadi tidak punya muka, tidak berarti mengangkat kepala ketika bertatapan dengan orang. (Kleptomania, Budi P. Hatees) |
Kalimat yang menggunakan kata kiasan ditandai dengan nomor ....
A. (5)
B. (4)
C. (3)
D. (2)
E. (1)
KJ: A. (5)
13. Bacalah penggalan cerpen diberikut.
Allah-lah yang menguasai jiwa-jiwa kita. Membuatnya bahagia atau sedih, membuat tertawa atau menangis. Demikianlah saya menerjemahkan setiap pengembaraanku ke tempat baru. Penjelajahan setiap sejarah masa kemudian spesialuntuk suatu perjuangan untuk lebih mengenal diri sendiri, mengenal kuasa Tuhan atas jiwa-jiwa kita. (“99 Cahaya di Langit Eropa” karya Hanum S. R. dan Rangga A.) |
Unsur ekstrinsik yang terdapat dalam teks tersebut yaitu nilai ....
A. moral
B. religi
C. budaya
D. pendidikan
E. etika
KJ: B. religi
14. Bacalah penggalan cerpen diberikut.
“Pak Seno titip salam. Dia juga titip pesan, kita tidak bisa menyamakan kopi dengan air tebu. Sesempurna apapun kopi yang engkau buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin engkau sembunyikan. Dan di sanalah kehebatan kopi tiwus..., mempersembahkan sisi pahit yang menciptakanmu melangkah mundur, dan berpikir. Bahkan saya juga sudah didiberinya pelajaran,” napasku harus dihela semoga lega dada ini, “bahwa uang puluhan juta sekalipun tidak akan membeli tiruana yang sudah kita lewati. Kesempurnaan itu memang tiruan. Ben’s Perfecto tidak lebih dari sekadar ramuan kopi enak.” (“Filosofi Kopi” karya Dewi Dee Lestari) |
Amanat paling tepat yang terkandung dalam penggalan cerpen tersebut yaitu ...
A. Kita harus sanggup membedakan kopi dan air tebu.
B. Uang puluhan juta harus dimanfaatkan dengan baik.
C. Kita harus memberikan salam dan pesan yang dititipkan.
D. Kopi mempersembahkan sisi pahit yang memmenolong kita berpikir.
E. Kita harus menyadari bahwa tidak ada yang sempurna; segala hal mempunyai kelemahan.
KJ: E. Kita harus menyadari bahwa tidak ada yang sempurna; segala hal mempunyai kelemahan.
Perhatikan teks diberikut untuk menjawaban soal nomor 15 dan 16.
Saat itu saya dihadapkan pada suatu dilema. Apakah saya akan mendekatinya dan terus terang menyampaikan kepadanya siapa saya ini tolong-menolong atau tetap begini saja seterusnya. Semenjak saya menjadi mandor kebun, saya tidak pernah berafiliasi lagi dengan Mas Sudibyo. (Soal UN 2005) |
15. Watak tokoh "aku" yang terlihat dalam teks tersebut adalah....
A. egoistis
B. ceroboh
C. peragu
D. lemah
E. penyabar
KJ: C. peragu
16. Watak tokoh “aku” dipaparkan pengarang melalui ....
A. gambaran fisik
B. pandangan tokoh lain
C. dialog antar tokoh
D. pikiran tokoh
E. deskripsi tokoh lain
KJ: D. pikiran tokoh
Perhatikan penggalan novel diberikut untuk menjawaban soal nomor 17 dan 18.
Garis-garis mukanya yang tegas dan runcing dikombinasikan dengankulit putih tapi gosong kemerahan akhir terpaan sinar matahari menciptakannya persis mirip turis peselancar di tepi Pantai Kuta. Rumah asri yang terletak di kawasan hijau di Jakarta Timur itu tampak lengang. Anak pria itu melihat sekeliling dengan khawatir. Napasnya gres melega ketika kendaraan beroda empat orang tuanya ternyata masih terparkir di dalam garasi. Langkahnya pun meenteng ketika ia membuka pintu. (Perahu Kertas, Dewi Dee Lestari) |
17. Latar dalam penggalan novel tersebut yaitu ....
A. Pantai Kuta
B. garasi
C. pekarangan rumah
D. sekeliling Jakarta Timur
E. pintu depan
KJ: C. pekarangan rumah
18. Sudut pandang yang dipakai dalam pengalan novel tersebut yaitu ....
A. orang pertama
B. orang kedua
C. campuran
D. orang ketiga
E. orang pertama dan kedua
KJ: D. orang ketiga
19. Bacalah kalimat-kalimat dalam penggalan teks cerpen diberikut.
(1) Hampir saja pisau itu memahat kakinya. (2) Seperti kedaluwarsa dari daun-daun kering dan kayu basah. (3) Semua gara-gara beliau mencium kedaluwarsa guah dari sudut pintu. (4) Aneh, dari mana hadirnya kedaluwarsa yang menciptakannya begitu gelisah? (5) Kopag menjatuhkan pisau ukirnya yang runcing. |
Urutan yang tepat kalimat-kalimat kutipan teks cerpen tersebut yaitu ....
A. (2), (3), (4), (1), (5)
B. (2), (5), (3), (4), (1)
C. (3), (4), (1), (5), (2)
D. (3), (5), (4), (1), (2)
E. (5), (1), (3), (2), (4)
KJ: E. (5), (1), (3), (2), (4)
20. Bacalah penggalan naskah drama diberikut.
Ibu : Ke mana anak ini? Sudah hampir pukul 09.00 malam belum hadir juga. Bi, Bi Kunti! Iza tadi pamitnya ke mana? Bi Kunti : Maaf Nyonya, habis pulang sekolah tadi, Tuan Izza eksklusif ganti baju dan pergi bersama kedua kawannya. Jadi, Tuan Izza tidak pamit mau ke mana, Nonya. Ibu : Pa, ke mana anak kita perginya, Pa? Papa kelihatan damai saja, sih. Ikut mencari gitu, lo. Tanya kepada kawan-kawannya atau gimana gitu. Masa sudah jam segini belum pulang, tapi Papa tenag-tenang saja? Papa : Sudahlah, Ma. Nanti kan pulang sendiri. Dia sudah besar. Lagipula, Papa banyak pekerjaan yang harus selesai besok. Mama : Kerjaan lagi. Kerjaan lagi. Kapan sih Papa memperhatikan Izza, anak kita? |
Ringkasan penggalan naskah drama tersebut yaitu ....
A. keresahan ibu lantaran anaknya belum pulang dari sekolah
B. kemarahan ibu atas ketidakpedulian ayah terhadap ketidakpulangan anaknya
C. ketidakpedulian ayah terhadap pekerjaan sehingga anak tidak pulang
D. kesedihan ibu lantaran ayah spesialuntuk memikirkan pekerjaan anaknya
E. ketidakpedulian ibu terhadap anak dan pekerjaan ayah
KJ: B. kemarahan ibu atas ketidakpedulian ayah terhadap ketidakpulangan anaknya
Bacalah kutipan teks eksplanasi kompleks diberikut untuk menjawaban soal nomor 21 – 22.
Wajah yaitu jendela diri. Seseorang sering kali dinilai dari wajahnya. Selanjutnya, bukan semata-mata lewat ukuran kecantikan. Ada orang yang tidak cantik, tetapi lantaran wajahnya berseri terasa sedap dipandang. Sebab [....] buah, sayur, dan air putih dalam jumlah yang cukup sanggup membuat wajah terlihat semakin berseri. |
21. Istilah yang tepat untuk melengkapi belahan yang rumpang dalam teks di atas yaitu ....
A. membeli
B. memproduksi
C. mengonsumsi
D. mendistribusikan
E. mempromosikan
KJ: C. mengonsumsi
22. Konjungsi antarkalimat yang tepat untuk mengganti konjungsi antarkalimat bercetak miring di atas yaitu ....
A. akan tetapi, jika
B. walaupun, sehingga
C. sebab, karena
D. selanjutnya, dan
E. karena, tetapi
KJ: A. akan tetapi, jika
23. Kata kerja atau verba material dalam teks di atas yaitu ....
A. berseri
B. dipandang
C. cukup
D. menciptakan
E. semakin
KJ: D. menciptakan
Bacalah penggalan teks eksposisi diberikut untuk menjawaban soal nomor 24 dan 25.
(1) Perlu proses panjang untuk menghasilkan kopi luwak yang nikmat. (2) Hanya biji kopi yang baik dan berwarna merah yang akan digunakan. (3) Selanjutnya, biji kopi disortir lagi untuk memisahkan biji kopi yang segar dan yang busuk dengan cara direndam. [....]. (4) Kemudian, selanjutnya biji kopi tersebut akan didiberikan pada musang atau luwak jenis binturung dan bulan. (5) Musang atau luwak tersebut yaitu jenis pemakan kopi. |
24. Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks eksposisi tersebut yaitu ...
A. Biji kopi yang berwarna merah akan digunakan.
B. Biji kopi yang tidak baik akan membuat kualitas kopi menjadi buruk.
C. Luwak biturung dan bulan yaitu jenis luwak pemakan kopi.
D. Biji kopi yang segar akan tenggelam, sedangkan yang busuk akan mengapung.
E. Sesudah itu, biji kopi akan dikemas.
KJ: D. Biji kopi yang segar akan tenggelam, sedangkan yang busuk akan mengapung.
25. Kalimat yang perlu diperbaiki pada teks eksposisi tersebut ditandai dengan nomor ....
A. (5)
B. (4)
C. (3)
D. (2)
E. (1)
KJ: A. (5)
26. Bacalah penggalan unsur deskripsi dalam penggalan teks laporan hasil observasi diberikut.
Semua makhluk di dunia ini sanggup diklasifikasikan menjadi dua kelompok, yaitu benda hidup dan benda mati. Yang pertama sering disebut makhluk hidup dan yang kedua disebut benda mati. [....]. Benda mati dibedakan dari benda hidup lantaran benda mati tidak mempunyai ciri-ciri umum tersebut. |
Kalimt yang tepat untuk melengkapi belahan rumpang tersebut yaitu ...
A. Kera, tumbuh-tumbuhan, hewan, dan bunga yaitu teladan makhluk hidup.
B. Sementara itu, kaca, plastik, baja, dan kertas yaitu teladan benda mati.
C. melaluiataubersamaini adanya pengelompokkan tersebut, kita menjadi lebih mudah mempelajarinya.
D. Makhluk di bumi ini sanggup dikelompokkan atas perbedaan dan persamaannya.
E. Makhluk hidup mempunyai ciri-ciri umum, mirip bergerak, bernapas, tumbuh, dan mempunyai keturunan.
KJ: E. Makhluk hidup mempunyai ciri-ciri umum, mirip bergerak, bernapas, tumbuh, dan mempunyai keturunan.
27. Perhatikan penggalan teks narasi diberikut.
Ketika dunia sinetron merebak seiring dengan tumbuh maraknya stasiun televisi di tanah air, Didi Petet pun terjun ke sana. Film iklan tak ketinggalan dirambahnya pula. Bahkan, [....] kemudian mendirikan production house. Di samping itu, ia aktif dalam sejumlah pementasan teater, seminar wacana seni peran, dan tentu saja mengajar di IKJ. |
Kata ganti atau pronomina yang tepat untuk melengkapi teks narasi tersebut yaitu ....
A. mereka
B. ia
C. –nya
D. aku
E. Anda
KJ: B. ia
28. Cermatilah teks pantun diberikut.
Anak bambu berjulukan rebung Reung dibeli di pasar pagi [....] Semua keperluan bisa dibeli |
Kalimat yang tepat untuk mengisi belahan rumpang teks pantun tersebut yaitu ....
A. Anak sekolah suka menabung
B. Anak sekolah pandai berenang
C. Anak sekolah berguru tenang
D. Anak sekolah bermain angklung
E. Anak sekolah menggunakan payung
KJ: A. Anak sekolah suka menabung
Perhatikan mekanisme okulasi tumbuhan mangga diberikut untuk menjawaban soal nomor 29 dan 30.
(1) Pilih batang yang sehat, adalah batang yang terlihat segar, daun normal, tidak terjangkit penyakit, dan tidak belum sempurnanya hara; diameter batang minimal 1,2 cm, tinggi minimal 50 cm, dan berumur 6 bulan semenjak semai. (2) Mata tunas diambil dari batang atas yang juga sehat, batang tidak terlihat tanda terjangkit hama dan penyakit. (3) Kerat batang bawah secara mendatar selebar 2 cm pada ketinggian terbaik 20 cm dari leher akar. (4) [....] (5) Siapkan mata tunas. Tekniknya, kerat kulit cabang pohon 1 cm dari tunas dan sedikit kayu terkelupas, ukuran mata tunas diubahsuaikan dengan ukuran jendela pada batang bawah. (6) Tempelkan mata tunas ke jendela di batang bawah. Penempelan sebaiknya tidakboleh pada tunas yang gres tumbuh. Biasanya penempelan dilakukan ketika tumbuhan berbunga. Ikat tempelan tunas dengan plastik mulai dari bawah ke atas supaya tidak terkena air hujan. Buka ikatan okulasi 3 – 4 ahad kemudian. (Sumber: /search?q=metode-dan-cara-okulasi-pohon-mangga) |
29. Kalimat yang paling tepat untuk mengisi langkah keempat mekanisme tersebut yaitu ...
A. Pilih tunas yang mempunyai kondisi yang sehat dengan belahan kulit batang yang berwarna hijau keabu-abuan.
B. Gunakan tunas mangga yang mempunyai buah manis serta kuat terhadap serangan hama.
C. Bungkus plastik dengan rapi dan rapat, tetapi tidakboleh terlalu kencang.
D. Sesudah itu, tentukan belahan posisi batang tumbuhan yang akan dkerat. Sebisa mungkin tidak terlalu akrab dengan belahan pertama batang tumbuhan mangga.
E. Tarik ke bawah kulit batang yang dikerat hingga terkelupas sepanjang 2 cm, kemudian potong dua pertiganya sehingga terbentuk semacam “jendela” di batang bawah.
KJ: E. Tarik ke bawah kulit batang yang dikerat hingga terkelupas sepanjang 2 cm, kemudian potong dua pertiganya sehingga terbentuk semacam “jendela” di batang bawah.
30. Kata adalah pada mekanisme nomor (1) sebaiknya diganti dengan ....
A. ialah
B. yaitu
C. dengan
D. ialah
E. dan
KJ: B. yaitu
Perhatikan kalimat-kalimat diberikut untuk menjawaban soal nomor 31 – 34.
(1) Letakkan bambu tersebut secara menyilang hingga ibarat salib. (2) Selesai, kerangka layang-layang sudah jadi. (3) Ambil 2 ruas bambu (panjang 90 cm dan 50 cm). (4) Ikat kedua bambu tersebut dengan menggunakan tali atau banang secara menyilang. (5) Ikat disetiap sudut bambu (untuk mempergampang belah sedikit ujungnya menggunakan cutter) dengan menggunakan tali atau benang hingga membentuk [....] layang-layang. |
31. Susunan tepat kalimat-kalimat acak tersebut semoga menjadi teks mekanisme yang tepat yaitu ....
A. (1) – (3) – (2) – (4) – (5)
B. (3) – (4) – (1) – (5) – (2)
C. (3) – (1) – (4) – (5) – (2)
D. (4) – (1) – (3) – (5) – (2)
E. (5) – (3) – (4) – (1) – (2)
KJ: C. (3) – (1) – (4) – (5) – (2)
32. Sinonim dari kata hingga pada kalimat nomor (1) yaitu ....
A. seperti
B. sampai
C. tiba
D. kemudian
E. lalu
KJ: B. hingga
33. Istilah yang tepat untuk mengisi belahan rumpang pada kalimat nomor (5) yaitu ....
A. penyangga
B. komponen
C. kerangka
D. miniatur
E. pelindung
KJ: C. kerangka
34. Berikut ini ialah variasi kalimat bermakna sama dari kalimat nomor (4), kecuali ...
A. melaluiataubersamaini tali atau benang, sambungkan kedua bambu.
B. Secara menyilang, ikat kedua bambu tersebut dengan menggunakan tali atau banang.
C. melaluiataubersamaini mengunakan tali atau benang, ikat kedua bambu tersebut secara menyilang.
D. Kedua bambu diikat secara menyilang dengan menggunakan tali atau benang.
E. melaluiataubersamaini menggunakan tali atau benang, secara menyilang, ikat kedua bambu.
KJ: A. melaluiataubersamaini tali atau benang, sambungkan kedua bambu.
Bacalah paragraf diberikut untuk menjawaban soal nomor 35 – 38.
(1) Karena banyak orang yang ingin kendaraannya tampil atraktif, bisnis fariasi kendaraan baik sepeda motor maupun kendaraan beroda empat di Indonesia tumbuh pesat. (2) Tehnisi yang ditampung sektor ini pun cukup besar. (3) Namun demikian, pemilik kendaraan hendaknya tidak melaksanakan modivikasi yang berlebihan lantaran bisa berbahaya. (4) Asesoris yang tidak bernilai guna hendaknya tidak usah dibeli. (5) Bagaimanapun, itu pun ialah bentuk pemborosan. |
35. Kalimat simpulan paragraf tersebut sanggup ditarik dari kalimat nomor ...
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
KJ: A. (1)
36. Penulisan perbaikan kata yang tidak baku dalam paragraf di atas dan perbaikannya yaitu ....
A. atraktif, bisnis, fariasi, tehnisi, ditampung menjadi atraktiv, busines, variasi, tehnisi, di tampung
B. atraktif, fariasi, tehnisi, modivikasi menjadi atraktiv, variatif, teknisi, modifikasi
C. fariasi, tehnisi, maupun, asesoris menjadi variasi, teknisi, mau pun, asesoris
D. fariasi, tehnisi, modivikasi, dibeli menjadi fariasif, teknis, modifikasi, di beli
E. fariasi, tehnisi, modivikasi, asesoris menjadi variasi, teknisi, modifikasi, aksesori
KJ: E. fariasi, tehnisi, modivikasi, asesoris menjadi variasi, teknisi, modifikasi, aksesori
37. Kalimat penjelas yang sumbang pada paragraf di atas ditandai oleh nomor ....
A. (5)
B. (4)
C. (3)
D. (2)
E. (1)
KJ: A. (5)
38. Arti kata atraktif pada paragraf di atas yaitu ....
A. pertunjukan
B. bagus dipandang
C. mempunyai daya tarik
D. modis penampilannya
E. enak dilihat
KJ: C. mempunyai daya tarik
Perhatikan teks eksposisi diberikut untuk menjawaban soal nomor 39 – 42!
(1) Kompetisi dalam perdagangan internasional sanggup meningkatkan produktivitas. (2) Hal tersebut lantaran kompetisi dapat mengurangi kekuatan pasar sejumlah perusahaan dalam ekonomi. (3) melaluiataubersamaini adanya kompetisi dari negara yang menjadi kawan dagang dan kompetisi dalam pasar dalam negeri, perusahaan didorong untuk menjadi semakin efisien dalam proses produksi mereka. (4) Selain itu, perusahaan yang berencana memasuki pasar harus siap menghadapi resiko kompetisi internasional. (5) Oleh lantaran itu, spesialuntuk perusahaan yang sangat produktif yang biasanya berani memasuki pasar ini. |
39. Arti kata kompetisi dalam paragraf tersebut yaitu ....
A. perteman dekatan
B. perkelahian
C. pertengkaran
D. permusuhan
E. persaingan
KJ: E. persaingan
40. Kata tidak baku dalam paragraf tersebut yaitu ....
A. internasional
B. produktivitas
C. mitra
D. resiko
E. efisien
KJ: D. resiko
41. Kata-kata diberikut ialah verba yang terdapat dalam teks tersebut, kecuali ....
A. menjadi
B. meningkatkan
C. mengurangi
D. menghadapi
E. memasuki
KJ: A. menjadi
42. Konjungsi yang menyatakan penyimpulan terdapat pada kalimat nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
KJ: E (5)
43. Cermati paragraf diberikut.
Kasus pembajakan hak cipta di Indonesia sudah pada tingkat parah. Oleh lantaran itu, harus mendapat perhatian khusus dari pemerintah. Jika terus-menerus dikesampingkan, pengaruh jangka panjangnya sanggup menurunkan produksi dan kreativitas menulis. Artinya, kalau buku-buku diperoleh dengan mudah dengan cara memfotokopi, masyarakat pun lama-kelabuaan akan tergiur untuk membeli buku yang murah. Selanjutnya, kalau buku dari penerbit kurang bersaing dengan buku yang berharga murah, penerbit buku pun lama-kelabuaan malas menerbitkan buku lantaran kurang menguntungkan. Akibatnya, akan menurunkan gairah penulis. |
Tanggapan negatif terhadap penggalan diberita tersebut terdapat pada kalimat ...
A. Pembajak hak cipta menurunkan gairah penulis buku dan itu dinilai sangat wajar.
B. Pembajakan hak cipta sanggup menurunkan produksi dan pemasukan seseorang.
C. Masyarakat yang suka memfotokopi buku dianggap tidak menghargai karya orang lain.
D. Buku yang diperoleh dengan cara memfotokopi akan memmenolong masyarakat ekonomi lemah.
E. Sebagai penegak hukum, kasus pembajakan hak cipta harus ada penanganan khusus dari pemerintah.
KJ: A. Pembajak hak cipta menurunkan gairah penulis buku dan itu dinilai sangat wajar.
44. Penulisan kata bercetak miring yang sesuai dengan EYD terdapat dalam kalimat ...
A. Kita sendiri yang bisa merubah nasib kita.
B. Ijazahnya belum disyahkan kepala sekolah.
C. Yang di akrab rumah kami itu toko obat, bukan apotek.
D. Model bajunya sudah ketinggalan jaman.
E. Dia selalu tidak menghadiri jadual pertemuan siang.
KJ: C. Yang di akrab rumah kami itu toko obat, bukan apotek.
45. Kalimat yang mengandung kata-kata berantonim yaitu ...
A. Nanda memang manis jelita.
B. Kita harus menjadi kaum arif pandai.
C. Cinta kasih ibu takkan tergantikan.
D. Tua muda berkumpul di sana.
E. Itu tiruana kehendak dan kemauannya sendiri.
KJ: D. Tua muda berkumpul di sana.
46. Kalimat diberikut yang bermakna konotatif adalah...
A. PT. Sukses mengajukan kolaborasi dengan PT. Bank BNI selama tiga tahun.
B. Karyawan perusahan itu selalu bekerja dengan giat.
C. Pergantian pimpinan baru membawa angin segar dalam perusahaan tersebut.
D. Pemimpin perusahaan itu sedang mengadakan pertemuan dengan karyawannya.
E. Kantor itu sangat membersihkan dan rapi penataannya.
KJ: C. Pergantian pimpinan baru membawa angin segar dalam perusahaan tersebut.
Bacalah teks diberikut untuk menjawaban soal nomor 47 dan 48!
Usaha industri rumah tangga di Kawasan Kemas Rindo dan Ogan Baru, Kecamatan Kertapati, Palembang semenjak beberapa tahun terakhir semakin berkembang pesat. Bahkan, industri rumah tangga sudah menjadi penghasilan utama penduduk. Industri yang sedang berkembang Kertapati ketika ini yaitu pembuatan sapu ijuk. Penduduk di sini pun sudah menekuni perjuangan pembuatan sapu ijuk semenjak beberapa tahun. |
47. Kalimat utama paragraf tersebut yaitu ...
A. Pembuatan sapu ijuk ialah salah satu industri rumah tangga.
B. Industri rumah tangga di Kecamatan Kertapati berkembang.
C. Industri rumah tangga menjadi penghasilan utama penduduk.
D. Industri rumah tangga yang berkembang yaitu pembuatan sapu ijuk.
E. Penduduk menekuni pembuatan sapu ijuk sudah lama.
KJ: B. Industri rumah tangga di Kecamatan Kertapati berkembang.
48. Kata diberikut yang termasuk adjektiva dalam paragraf tersebut yaitu ....
A. kecamatan
B. pesat
C. sudah
D. saat
E. menekuni
KJ: B. pesat
Bacalah teks diberikut untuk menjawaban soal nomor 49 dan 50.
(1) Sinar matahari, sanggup menguapkan air yang berasal dari permukaan bahari dan tumbuhan. (2) Sesudah air menguap, terjadilah penggumpalan uap air menjadi awan. (3) Sesudah kandungan uap air di awan cukup banyak, air diturunkan dengan menolongan angin. (4) Air yang turun meresap ke pori-pori tanah, sebagian menjadi cadangan dalam tanah dan sebagian lagi menuju permukaan laut. (5) Kondisi ini terjadi berulang-ulang, tentunya dengan cara yang sama. |
49. Isi teks tersebut yaitu terjadinya siklus ....
A. terjadinya laut
B. penyinaran matahari
C. terjadinya hujan
D. penggumpalan awan
E. peresapan air
KJ: C. terjadinya hujan
50. Kesalahan penerapan tanda baca koma (,) terdapat pada kalimat nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
KJ: A. (1)