-->
Soal Uas Produktif Kelas X Manajemen Perkantoran

 Soal UAS Produktif Kelas X Administrasi Perkantoran

A. PILIHAN GANDA

1.         Rangkaian aktivitas menghimpun, mencatat, mengelolah, menggandakan, mengirim dan menyimpan banyak sekali keterangan dibutuhkan kerjasama disebut......
a.       Ketatausahaan                 d. Organisasi
b.       Tata usaha                        e. Clerical work
c.        Office work
2.         Untuk melayani pekerjaan operasional menyediakan informasi sehingga megampangkan penyelesaian pekerjaan.......
a.       Pengertian
b.       Fungsi tata usaha
c.        Peranan tata perjuangan
d.       Tugas tata usaha
e.        Kedudukan
3.       Meja kantor yang digunakan oleh pimpinan, berukuran......
a.       130x80 cm
b.       100x80 cm
c.        100x70 cm
d.       120x80 cm
e.        90x70 cm
4.       Yang tidak termasuk benda peralatan kantor.......
a.       papan tulis
b.       Almari
c.        Mesin ketik
d.       Meja kursi
e.        Telepon
5.       Alat komunikasi yang menghubungkan antara ruang satu dengan ruang lain pada kantor disebut.......
a.       Telepon                              d. Iphone
b.       Mobile phone                    e. fotocopy
c.        OHP                   
6.       Langkah-langkah memasang kartu SIM dan Baterai pada mesin mobile phone(ponsel) yaitu kecuali......
a.       Melepas menutup (cover) belakang telepone
b.       Keluarkan baterai dengan mengangkat
c.        Angkat kartu SIM dengan hati-hati
d.       Mengisi voucher
e.        Masukan kartu SIM dan Baterai kemudian luruskan epilog belakang           
7.       Alat untuk mengirim dokumen yang sama dengan aslinya baik berupa goresan pena maupun gambar dalam waktu singkat.......
a.       Risograf                              d. Iphone
b.       Faksimil                              e. Fotocopy
c.        LCD
8.       Mesin-mesin kantor sanggup digunakan untuk meniru dokumen.......
a.       LCD proyektor                  d. Laptop
b.       Microphone                       e. risograf
c.        Mobile Phone
9.       Teknik kerja mesin fotocopy melalui tahap-tahap yang berurutan, sebagai diberikut......
a.       Exposure, developing, tranfer, cleaning
b.       Tranfer, charging, exposure, developing
c.        Tranfer, charging, exposure, developing
d.       Charging, exposure, developing, tranfer
e.        Cleaning, funing, exposure, charging
10.     Bagian mesin ketik dikelompokan menjadi tiga komponen, yaitu.....
a.       Gandaran, kerangka, kait
b.       Gandaran, kerangka, keyboard
c.        Kerangka, keyboard, kait
d.       Gandaran, keyboard, kerangka
e.        Kerangka, gandaran, kertas
11.    Mengetik dengan sistem 10 jari ialah suatu metode mengetik mengharuskan 10 jari tangan bekerja dan berfungsi secara keseluruhan, kiprah jari asisten telunjuk.....
a.          bekerja sebagaimana mestinya menekan abjad U,J,M,Y,H,N
b.          bekerja sebagaimana mestinya menekan abjad I,K
c.          bekerja sebagaimana mestinya menekan abjad O,L
d.          bekerja sebagaimana mestinya menekan abjad P,H
e.          bekerja sebagaimana mestinya menekan abjad Q,A,Z
12.    Unsur-unsur penunjang yang mendukung terciptanya suasana kerja aman, baik materil maupun non materil pengertian dari......
a.          Keamanan kerja
b.          Keselamatan kerja
c.          Hubungan kerja
d.          Kesehatan kerja
e.          Tempat kerja
13.    Hukum yang mengatur keselamatan kerja yaitu pasal.....
a.          Undang-undang no. 14 th 1969
b.          9 undang-undang no. 15 tahun 1969
c.          9 undang-undang no. 14 tahun 1969
d.          8 undang-undang no. 15 tahun 1969
e.          7 undang-undang no. 15 tahun 1969
14.    Langkah perawatan mesin ketik.......
a.          Menjaga kemembersihkanan
b.          Pemdiberian minyak
c.          Mengangkat dan memindahkan mesin ketik
d.          Pemeliharaan pita
e.          Semua benar
15.    Format kartu pemeliharaan meliputi hal-hal diberikut kecuali.......
a.          Nama mesin
b.          Tanggal induk mesin
c.          Tanggal perbalikan
d.          Jenis kerusakan
e.          Diabaikan
16.    Komunikasi berasal dari bahas alatin yang berarti membuat sama, yaitu.....
a.       Communication
b.       Communicatere
c.        Communicatee
d.       Communee
e.        Communicare
17.      Salah satu laba dari proses komunikasi satu arah, adalah....
a.       Menghemat tenaga komunikator
b.       Lebih cepat dan efisien
c.        Sebagai media hiburan dan pendidikan bagi komunikan
d.       Membangkitkan motivasi dan perhatian komunikan
e.        Memperjelas isi dan maksud informasi yang akan disampaikan
18.    Lambang komunikasi yang sanggup diterima melalui indra pendengaran, ibarat bunyi lonceng, bunyi ambulans dan klakson kendaraan beroda empat disebut.....
a.       Lembaga perak
b.       Lembaga bahasa
c.        Lembaga warna
d.       Lembaga gambar
e.        Lembaga suara
19.    Respon atau balasan yang didiberikan oleh komunikan kepada komunikator bersifat merugikan atau memojokan komunikator disebut.....
a.       Zero feedback
b.       Negative feedback
c.        Positive feddback
d.       Point feedback
e.        Nautral feedback
20.    Dibawah ini yang termasuk faktor penghambat keberhasilan komunikasi adalah.....
a.       Kurang cakap
b.       Tidak sanggup informasi
c.        Pihak yang dirugikan
d.       Sulit berkomunikasi
e.        Kurang keyakinan
21.    Dibawah ini yang termasuk ciri-ciri informasi adalah......
a.       Informasi ilmiah
b.       Memiliki nilai (benar atau salah)
c.        Akurat
d.       Lengkap
e.        Jelas   
22.    Dibawah ini yang termasuk manfaat membaca.......
a.       Tidak sanggup bicara
b.       Buta huruf
c.        Memperluas wawasan, pengetahuan, dan pengalaman
d.       Berinteraksi
e.        Sosialisasi
23.    Dibawah ini yang termasuk manfaat menulis......
a.       Artikel
b.       Menyumbang kecerdasan
c.        Faktor internal
d.       Efektif
e.        Minat
24.    Dibawah ini yang termasuk kegunaan informasi adalah......
a.       Tujuan si penerima
b.       Informasi penting
c.        Sosialisasi
d.       Interaksi
e.        Data
25.    Dibawah ini yang termasuk proses membaca....
a.       Tidak belajar
b.       Memahami topik
c.        Teknik tulisan
d.       Kurang poaham
e.        Tidak mengerti
26.    Di bawah ini yang termasuk ciri-ciri komunikasi tradisional......
a.          Untuk memperjelas pesan
b.          Visual
c.          Audio
d.          Visual audio
e.          Majalah
27.    Di bawah ini yang termasuk ciri-ciri komunikasi tradisional......
a.          Berkaitan dengan seni tradisional
b.          Seni budaya
c.          Tari
d.          Unsur komunikasi
e.          Media
28.    Di bawah ini yang termasuk jenis-jenis hubungan telpon.......
a.          Tidak ada sinyal
b.          Hubungan internal komunikasi
c.          Komunikasi
d.          Komunikasi tradisional
e.          Ada sinyal
29.    Informasi ialah data yang sudah di olah menjadi suatu bentuk yang berarti bagi penerimanya dan bermanfaa dalam pengambilan keputusan. Pendapat tersebut diuraikan oleh......
a.          Estabrook
b.Robert g.murdik
c.          Gordon b.davis
d.          George r.terry
e.          Burch dan strater
30.    Berikut ini cara untuk meningkatkan kualitas pembicara yaitu......
a.          Membangkitkan partisipasi pendengar
b.          Berusaha sewejar mungkin
c.          Tatap mata kelompok pendengar
d.          Berdirilah yang tegak tapi tidak tahu
e.   Membuat catatan yang dibicarakan
31.    Dibawah ini yang termasuk mekanisme kerja adalah..................
a.       Suatu rangkaian dari tata kerja yang saling berafiliasi satu dg yang lain
b.       Suatu cara dalam pelaksaan suatu kiprah atau pekerjaan dengan mengingat segi-segi tujuan
c.        Rangkaian antara tata kerja dan mekanisme kerja yang sanggup membentuk suatu kebulatan contoh tertentu
d.       Sebagai pedoman kerja bagi pelaksana tiruana pihak yang berepentingan
e.        Memdiberikan dorongan kepada pelaksana aktivitas secara efisien

32.    Dibawah ini yang bukan termasuk unsur lingkungan kerja adalah................
a.       Pekerja
b.       Pengusaha
c.        Direktur
d.       Pegawai pengawas
e.        Tata kerja

33.    Apa yang dimaksud dengan ancaman kerja...............
a.       Suatu keadaan yang sanggup menjadikan kecelakaan/kerugian berupa cedera
b.       Menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh
c.        Memakai alat pelindung kerja
d.       Pekerjaan yang terlalu berat
e.        Mencegah penyakit yang menyerang

34. Dibawah ini yang bukan ialah prinsip tata kelola perusahaan yang baik adalah......
a.       Akutabilitas
b.       Responsibility
c.        Keterbukaan
d.       Kewajaran
e.        Kemandirian

35. Dibawah ini yang termasuk jenis manajemen yang harus dikerjakan guna memelihara kesinambungan kerja yang lancar.............
a.       Penangganan surat masuk dan surat keluar
b.       Penangganan adPenangganan surat masuk dan surat keluar
c.        Penangganan manajemen keuangan
d.       Pengelolaan arsip
e.        Penangganan manajemen pembelian

36.    Dibawah ini yang bukan ialah faktor-faktor penyebab dermatosis adalah............
a.       Faktor fisik
b.       Bahan-bahan yang berasal dari tanaman
c.        Mahluk hidup
d.       Keracunan dari materi organik
e.        Iritasi oleh asam-asam anorganik

37.    Di bawah ini yang bukan ialah cara bekerja yang aman............
a.       Lingkungan kerja
b.       Mengadakan perawatan terhadap kerja
c.        Menggunakan alat pelindung
d.       Memakan masakan yang seimbang
e.        Mempunyai kecakapan dan kedisiplinan dalam bekerja
38.    Dibawah ini pekerja-pekerja yang tidak memiliki peluang menderita penyait caisson adalah..............
a.       Penerbang
b.       Pekerja tambang
c.        Penyelam
d.       Petani
e.        Guru

39.    Alat yang digunakkan untuk mengukur intensitas bunyi adalah........
a.       Audiogram
b.       Anemometer
c.        Barometer
d.       Termometer
e.        Seismograf
40.    Undang-undang nomor 33 tahun 1947 meliputi perihal............
a.       Jaminan sosial tenaga kerja
b.       Pelayanan kesehatan kerja
c.        Penyakit yang timbul akhir hubungan kerja
d.       Kesehatan

B. ESSAY
JAWABLAH PERTANYAAN DIBAWAH INI DENGAN SINGKAT DAN JELAS !
1.       Sebutkan dan jelaskan 4 hal yang mempengaruhi pekerjaan kantor !
2.       Sebutkan jenis-jenis mesin kantor !
3.       Jelaskan apa yang dimaksud mekanisme kerja!
4.       Sebutkan manfaat dari tata kerja dan mekanisme kerja!
5.       Jelaskan  apa yang  dimaksud dengan hukum kerja!

LihatTutupKomentar