KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) /
MADRASAH ALIYAH KEJURUAN (MAK)
BIDANG STUDI KEAHLIAN : TEKNOLOGI DAN REKAYASA
PROGRAM STUDI KEAHLIAN : TEKNIK OTOMOTIF
PAKET KEAHLIAN : 1. TEKNIK KENDARAAN RINGAN
2. TEKNIK SEPEDA MOTOR
3. TEKNIK PERBAIKAN BODI OTOMOTIF
4. TEKNIK ALAT BERAT
MATA PELAJARAN : TEKNOLOGI DASAR OTOMOTIF
KLAS : X
No | Kompetensi Inti | Kompetensi Dasar |
1 | Menghayati dan mengamalkan fatwa agama yang dianutnya. | 1.1 Lingkungan hidup dan sumber daya alam sebagai anugrah Tuhan yang maha Esa harus dijaga keletarian dan kelangsungan hidupnya. 1.2 Pengembangan dan penerapan teknologi dalam aktivitas mencar ilmu harus selaras dan tidak merusak dan mencemari lingkungan, alam dan manusia |
2 | Menghayati dan mengamalkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawaban, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menandakan sikap sebagai cuilan dari solusi atas aneka macam permasalahan dalam diberinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia. | 2.1 Menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan melalui aktivitas yang bekerjasama dengan dasar permesinan, proses pembentukan logam dan mesin konversi energy (emisi gas membuang, oli, air pendingin dan limbah padat) 2.2 Menunjukkan sikap cermat dan teliti dalam memahami dan membaca symbol-simbol kelistrikan, hidrolik dan pneumatik internasional 2.3 Menunjukkan sikap disiplin dan tanggung balasan dalam melakukan langkah-langkah kerja sesuai standar ISO 2.4 Menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan melalui aktivitas yang bekerjasama dengan pemeriksaan, perawatan dan perbaikan bearing, seal dan gasket 2.5 Menunjukkan sikap cermat dan peduli terhadap keselamatan kerja melalui aktivitas yang bekerjasama dengan penerapan jacking, blocking dan lifting 2.6 Menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan melalui aktivitas yang bekerjasama dengan pemeriksaan, perawatan dan perbaikan treaded, fasterner, sealant dan adhesive |
3 | Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual dan prosedural menurut rasa ingin tahunya ihwal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah. | 3.1 Memahami dasar-dasar mesin 3.2 Memahami proses dasar pembentukan logam 3.3 Menjelaskan proses mesin konversi energi 3.4 Menjelaskan fungsi aneka macam bearing, seal dan gasket serta mekanisme perawatannya 3.5 Mengidentifikasi aneka macam jenis jacking, blocking dan lifting sesuai dengan operation manual 3.6 Menjelaskan metode pengoperasian jacking, blocking dan liffting sesuai operation manual 3.7 Menjelaskan cara penerapan OMM (operation maintenance manual), service manual dan part book sesuai peruntukannya 3.8 Memahami fungsi treaded, fasterner, sealant dan adhesive |
4 | Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah aneh terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan bisa melakukan kiprah spesifik dibawah pengawasan langsung. | 4.1 Menerapkan perhitungan dasar-dasar mesin 4.2 Menerapkan proses dasar pembentukan logam 4.3 Menganalisa kejadian pada mesin konversi energi 4.4 Menerapkan sistem hidrolik dan pneumatik pada jadwal metode otomotif 4.5 Menerapkan pemeliharaan bearing, seal dan gasket 4.6 Menerapkan metode pengoperasian jacking, blocking dan liffting sesuai operation manual 4.7 Menerapkan penerapan OMM dan service manual 4.8 Mengaplikasikan treaded, fastener, sealand dan adhesive |
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) /
MADRASAH ALIYAH KEJURUAN (MAK)
BIDANG STUDI KEAHLIAN : TEKNOLOGI DAN REKAYASA
PAKET KEAHLIAN : 1. TEKNIK KENDARAAN RINGAN
2. TEKNIK SEPEDA MOTOR
3. TEKNIK PERBAIKAN BODI OTOMOTIF
4. TEKNIK ALAT BERAT
MATA PELAJARAN : PEKERJAAN DASAR TEKNIK OTOMOTIF
KLAS : X
No | Kompetensi Inti | Kompetensi Dasar |
1 | Menghayati dan mengamalkan fatwa agama yang dianutnya | 1.1 Lingkungan hidup dan sumber daya alam sebagai anugrah Tuhan yang maha Esa harus dijaga kelestarian dan kelangsungan hidupnya. 2.1 Pengembangan dan penerapan teknologi dalam aktivitas mencar ilmu harus selaras dan tidak merusak dan mencemari lingkungan, alam dan manusia |
2 | Menghayati dan mengamalkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawaban, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menandakan sikap sebagai cuilan dari solusi atas aneka macam permasalahan dalam diberinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia. | 2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti dalam mengidentifikasi peralatan ( hand tools, power tools, special tools dan workshop tools) 2.2 Menunjukkan sikap cermat dan teliti dalam memahami dan membaca alat ukur sesuai SOP 2.3 Menunjukkan sikap disiplin dan tanggung balasan dalam melakukan langkah-langkah kerja sesuai standar kerja / SOP 2.4 Menunjukkan sikap peduli terhadap keselamatan kerja melalui aktivitas K3, serta peka terhadap dampak yang ditimbulkan dari aktivitas kerja (dampak kontaminasi dan ancaman kebakaran) 2.5 Menunjukkan sikap cermat dan teliti sewaktu bekerja dengan peralatan listrik, elektronik dan baterai 2.6 Menerapkan keselamatan kerja dalam pelaksanaan pekerjaan (perawatan, perbaikan ditempat kerja) |
3 | Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual dan prosedural menurut rasa ingin tahunya ihwal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah. | 3.1. Mengidentifikasi jenis-jenis hand tools sesuai fungsinya 3.2. Mengidentifikasi jenis jenis power tools sesuai dengan fungsinya 3.4 Mengidentifikasi jenis-jenis special service tools sesuai fungsinya 3.5 Mengidentifikasi jenis-jenis alat ukur mekanik dan fungsinya 3.6 Mengidentifikasi jenis-jenis alat ukur elektrik dan elektronik serta fungsinya. 3.7 Mengidentifikasi jenis-jenis alat ukur pneumatik serta fungsinya. 3.8 Menjelaskan pemeliharaan alat ukur 3.9 Menjelaskan keselamatan dan kesehatan kerja sesui dengan UU K3 3.10 Memahami kontaminasi pada materi bakar, oli dan bodi sesuai standar lingkungan 3.11 Memahami penerapan pemadam kebakaran sesuai pembagian terstruktur mengenai kebakaran |
4 | Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah aneh terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan bisa melakukan kiprah spesifik dibawah pengawasan langsung. | 4.1. Menggunakan dan merawat macam-macam hand tools dengan benar 4.2. Menggunakan dan merawat macam-macam power tools dengan benar 4.3. Menggunakan dan merawat macam-macam workshop equipment 4.4. Menggunakan special service tools sesuai prosedur 4.5. Menggunakan alat-alat ukur mekanik sesuai operation manual 4.6. Menggunakan alal-alat ukur elektrik dan elektronik sesuai operation manual 4.7. Menggunakan alat-alat ukur pneumatik sesuai operation manual 4.8. Merawat alat-alat ukur sesuai SOP dan service manual 4.9. Melaksanakan K3 sesuai undang-undang K3 4.10. Melaksanakan mekanisme pencegahan kontaminasi 4.11. Melaksanakan mekanisme pemadaman kebakaran sesuai pembagian terstruktur mengenai kebakaran |
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) /
MADRASAH ALIYAH KEJURUAN (MAK)
BIDANG STUDI KEAHLIAN : TEKNOLOGI DAN REKAYASA
PAKET KEAHLIAN : 1. TEKNIK KENDARAAN RINGAN
2. TEKNIK SEPEDA MOTOR
3. TEKNIK PERBAIKAN BODI OTOMOTIF
4. TEKNIK ALAT BERAT
MATA PELAJARAN : TEKNIK LISTRIK DASAR OTOMOTIF
KLAS : X
No | Kompetensi Inti | Kompetensi Dasar |
1 | Menghayati dan mengamalkan fatwa agama yang dianutnya | 1.1 Lingkungan hidup dan sumber daya alam sebagai anugrah Tuhan yang maha Esa harus dijaga keletarian dan kelangsungan hidupnya. 1.2 Pengembangan dan penerapan teknologi dalam aktivitas mencar ilmu harus selaras dan tidak merusak dan mencemari lingkungan, alam dan manusia |
2 | Menghayati dan Mengamalkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawaban, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menandakan sikap sebagai cuilan dari solusi atas aneka macam permasalahan dalam diberinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia. | 2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti dalam mengidentifikasi peralatan listrik dan elektronika 2.2 Menunjukkan sikap cermat dan teliti dalam memahami dan membaca alat ukur listrik dan elektro sesuai SOP 2.3 Menunjukkan sikap disiplin dan tanggung balasan dalam melakukan langkah-langkah kerja sesuai standar kerja / SOP 2.4 Menunjukkan sikap peduli terhadap keselamatan kerja melalui aktivitas K3, serta peka terhadap dampak yang ditimbulkan dari aktivitas kerja (dampak kontaminasi dan ancaman kebakaran) 2.5 Menunjukkan sikap cermat dan teliti sewaktu bekerja dengan peralatan listrik, elektronik dan baterai 2.7 Menerapkan keselamatan kerja dalam pelaksanaan pekerjaan (perawatan, perbaikan ditempat kerja) |
3 | Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual dan prosedural menurut rasa ingin tahunya ihwal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah. | 3.1 Memahami dasar-dasar listrik 3.2 Menerangkan fungsi dan konstruksi baterai 3.3 Memahami dasar-dasar elektronika |
4 | Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah aneh terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan bisa melakukan kiprah spesifik dibawah pengawasan langsung. | 4.1 Menerapkan dasar-dasar listrik 4.2 Menggunakan dan merawat baterai 4.3 Menerapkan dasar-dasar elektronika |