-->
Rpp Teknologi Dasar Otomotif Kurikulum 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan       : SMK  Muhammadiyah Pangkalan Balai

Kelas / Semester           : X/ 1

Mata Pelajaran             : Teknologi Dasar Otomotif

Materi Pokok                : Gaya

Alokasi Waktu              : 8 jam pelajaran @ 45 Menit

Pertemuan Ke              : 1-4



A.   Kompetensi Inti


KI 1      Menghayati dan mengamalkan fatwa agama yang dianutnya
KI 2      Menghayati dan mengamalkan sikap jujur, disiplin, tanggungjawaban, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menawarkan sikap sebagai potongan dari solusi atas banyak sekali permasalahan dalam diberinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3   :    Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural menurut rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan tragedi dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
KI 4   :    Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan bisa melaksanakan kiprah spesifik di bawah pengawasan langsung


B.   Kompetensi Dasar dan Indikator
2.1   Memiliki motivasi internal, kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa percaya diri, dan sikap toleransi dalam perbedaan taktik berpikir dalam menentukan dan menerapkan taktik menuntaskan masalah.
2.2   Mampu mentransformasi diri dalam berprilaku jujur, tangguh menghadapi masalah, kritis dan disiplin dalam melaksanakan kiprah berguru teknologi dasar otomotif
2.3   Menunjukkan sikap bertanggung jawaban, rasa ingin tahu, jujur dan sikap peduli lingkungan
3.1   Memahami dasar-dasar mesin
3.1.1   Memahami konsep gaya
3.1.2   Menyusun gaya secara grafis dan analisis
3.1.3   Menguraikan gaya secara grafis dan analisis
4.1   Menerapkan perhitungan dasar-dasar mesin


C.   Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat....
1.    Memahami konsep gaya
2.    Menyusun gaya secara grafis dan analisis
3.    Menguraikan gaya secara grafis dan analisis




D. Rangkuman Materi




Gaya

1. Pengertian gaya

Kendaraan sanggup bergerak dari suatu kawasan ke kawasan lain membutuhkan sebuah agresi yang sanggup menggerakkannya. Sesudah kendaraan tersebut melaju, kendaraan tersebut mengalami percepatan atau perlambatan. Untuk menghentikan laju kendaraan juga diperlukan sebuah aksi. Menurut ilmu pengetahuan, agresi yang menghipnotis gerak kendaraan disebut dengan gaya.


Uraian di atas sanggup disimpulkan bahwa gaya yaitu agresi yang sanggup memindahkan suatu benda dari keadaan membisu menjadi bergerak dan sebaliknnya dari keadaan bergerak menjadi diam. Gaya ialah suatu bemasukan, alasannya yaitu gaya mempunyai besar dan arah, maka gaya sanggup diklasifikasikan sebagai bemasukan vektor.


Gaya ialah sebuah agresi yang tidak tampak.


E.    Metode Pembelajaran


Pendekatan pembelajaran yaitu pendekatan scientific.
Model pembelajaran PBL


F.    Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran


Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Penlampauan
-    Menyiapkan penerima didik secara psikis dan fisik
-    Mengajukan pertanyaan-pertanyaan wacana bahan yang sudah dipelajari dan terkait dengan bahan yang akan dipelajari
-    Mengantarkan penerima didik pada suatu permasalahan atau kiprah yang akan dilakukan untuk mempelajari suatu bahan dan membuktikan pembelajaran atau KD yang akan dicapai
-    Menyiapkan garis-garis besar cakupan bahan dan klarifikasi wacana acara yang akan dilakukan penerima didik untuk menuntaskan permasalahan atau tugas
20 menit
Inti
Mengamati
Tayangan gaya melalui tampilan powerpoint dan buku teks


Menanya
Mengajukan pertanyaan terkait tayangandan buku teks


Mengeksplorasi
Menyelesaikan soal-soal terkait bahan gaya


Mengasosiasi
Membuat resume materi
Membuat kesimpulan hubungan antara bahan pokok dengan tragedi proses kerja mesin


Mengkomunikasikan
Mengaitkan perhitungan dengan tragedi pada metode otomotif
235 menit
Penutup
Guru mempersembahkan PR kepada siswa untuk mempelajari bahan selanjutnya
15 menit
      
      
G.   Alat/Media/Sumber Pembelajaran
1. Media Pembelajaran:
Powerpoint


2Alat Pembelajaran:
Laptop & infocus


3Sumber Pembelajaran:
a.  Beiser, A. 1999. Konsep Fisika Modern. Jakarta: Erlangga.
b.  G. Nieman dkk. 1999. Elemen Mesin Jilid I. Jakarta : Erlangga.
c.  Krgua, K. 1992. Fisika Modern. Jakarta: Universitas Indonesia Press.
d.  Sularso & Suga Kiyokatsu. 1985.  Dasar Perencanaan dan Pemilihan Elemen Mesin. Jakarta:  Pradya Paramita


H.   Penilaian Hasil Belajar


Penugasan Terstruktur dan Kegiatan Mandiri (162 menit)


1.    Membuat Resume Materi
2.    Menyelesaikan soal-soal bahan pokok secara mandiri


Instrumen Penilaian Pengetahuan Materi Gaya
1.   Apakah yang dimaksud dengan gaya ?
2.   Sebutkan macam-macam gaya yang sanggup menghipnotis benda ?
3.   Sebutkan macam-macam gerak yang diakibatkan oleh gaya !
4.   Sebuah benda ditarik oleh 2 orang, masing-masing F1 = 2 N dan F2 = 4 N. Keduanya menuju arah yang sama (ke kanan). Berapa besar dan arah gaya tersebut ?
5.     Sebuah benda ditarik oleh 2 orang masing-masing F1 = 3 N dan F2 = 6 N. Arah F1 ke kanan dan F2 ke kiri. Berapakah besar dan kemana arah gaya tersebut ?


Rubrik Penilaian


1.    Hasil resume materi
2.    Hasil penyelesaian soal-soal
3.    Penilaian sikap


Lembar Pengamatan Sikap (terlampir)
Lembar evaluasi Diri (terlampir)




Mengetahui,                                                                                         Pangkalan Balai,   Juli 2016
Kepala Sekolah                                                                                    Guru Mata Pelajaran














RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan       : SMK  Muhammadiyah Pangkalan Balai

Kelas / Semester           : X/ 1

Mata Pelajaran             : Teknologi Dasar Otomotif

Materi Pokok                : Momen Gaya dan Kopel

Alokasi Waktu              : 8 jam pelajaran @ 45 Menit

Pertemuan Ke              : 5-8




A.   Kompetensi Inti


KI 1      Menghayati dan mengamalkan fatwa agama yang dianutnya
KI 2      Menghayati dan mengamalkan sikap jujur, disiplin, tanggungjawaban, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menawarkan sikap sebagai potongan dari solusi atas banyak sekali permasalahan dalam diberinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3   :    Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural menurut rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan tragedi dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
KI 4   :    Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan bisa melaksanakan kiprah spesifik di bawah pengawasan langsung


B.   Kompetensi Dasar dan Indikator
2.1   Memiliki motivasi internal, kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa percaya diri, dan sikap toleransi dalam perbedaan taktik berpikir dalam menentukan dan menerapkan taktik menuntaskan masalah.
2.2   Mampu mentransformasi diri dalam berprilaku jujur, tangguh menghadapi masalah, kritis dan disiplin dalam melaksanakan kiprah berguru teknologi dasar otomotif
2.3   Menunjukkan sikap bertanggung jawaban, rasa ingin tahu, jujur dan sikap peduli lingkungan
3.1   Memahami dasar-dasar mesin
3.1.4   Memahami konsep momen, momen kopel, macam-macam momen
3.1.5   Menghitung momen yang terjadi pada batang dengan dua gaya atau lebih
4.1   Menerapkan perhitungan dasar-dasar mesin


C.   Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat....
1.    Memahami konsep momen, momen kopel, macam-macam momen
2.    Menghitung momen yang terjadi pada batang dengan dua gaya atau lebih


D.   Rangkuman Materi





E.    Metode Pembelajaran


Pendekatan pembelajaran yaitu pendekatan scientific.
Model pembelajaran PBL











F.    Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
                                            
                                                                                                                                            
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Penlampauan
-    Menyiapkan penerima didik secara psikis dan fisik
-    Mengajukan pertanyaan-pertanyaan wacana bahan yang sudah dipelajari dan terkait dengan bahan yang akan dipelajari
-    Mengantarkan penerima didik pada suatu permasalahan atau kiprah yang akan dilakukan untuk mempelajari suatu bahan dan membuktikan pembelajaran atau KD yang akan dicapai
-    Menyiapkan garis-garis besar cakupan bahan dan klarifikasi wacana acara yang akan dilakukan penerima didik untuk menuntaskan permasalahan atau tugas
20 menit
Inti
Mengamati
Tayangan momen gaya dan kopel melalui tampilan powerpoint dan buku teks


Menanya
Mengajukan pertanyaan terkait tayangan dan buku teks


Mengeksplorasi
Menyelesaikan soal-soal terkait bahan momen gaya dan kopel


Mengasosiasi
Membuat resume materi
Membuat kesimpulan hubungan antara bahan pokok dengan tragedi proses kerja mesin


Mengkomunikasikan
Mengaitkan perhitungan dengan tragedi pada metode otomotif


235 menit
Penutup
Guru mempersembahkan PR kepada siswa untuk mempelajari bahan selanjutnya
15 menit




G.   Alat/Media/Sumber Pembelajaran
1. Media Pembelajaran:
Powerpoint


2Alat Pembelajaran:
Laptop & infocus


3Sumber Pembelajaran:
a.  Anni Faridah dkk. 2008.  Teknik Pembentukan Pelat. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMK,
b.  Ambiyar. 2008. Teknik Pembentukan Pelat (Jilid 3).  Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.
c.  Hadi sujana. 2008. Teknik Pengecoran jilid 2.  Jakarta: Direktorat Pembinaan SMK.


H.   Penilaian Hasil Belajar


A.      Alat/Media


1.       Penggaris, spidol, papan tulis.
2.       Laptop dan LCD.
3.       Lembar kerja.


A.      Sumber Pembelajaran


a.       Buku MATERI KURIKULUM 2013 TDO KELAS X SMK.
b.      Informasi penunjang.


A.      Penilaian Hasil Belajar


a.       Penilaian sikap   : Teknik Non Tes Bentuk Pengamatan Sikap dalam pembelajaran.
b.      Penilaian pengetahuan   : Teknik Tes Bentuk Tertulis Uraian
c.       Penilaian Keterampilan  : Teknik Non Tes Bentuk Penugasan



(Lembar Kerja/LK dan Instrumen Penilaian Terlampir)


Mengetahui,                                                                           Pangkalan Balai,   Juli 2016
Kepala Sekolah                                                                              Guru Mata Pelajaran

LihatTutupKomentar